Rabu, 29 Agustus 2012

Adik

Senang rasanya punya adik. Itu yang ada di pikiranku dulu, dan sekarang juga. hehe... Tapi pasti ada susahnya juga, tinggal kita maunya menikmati kesenangannya atau kesusahannya. Tidak disangka, sekarang aku punya cukup banyak orang yang kuanggap sebagai adikku sendiri. Masalahnya adalah tinggal bagaimana aku mempraktikkan anggapan 'adik sendiri' ini ke dalam tindakan yang sebenarnya. Artinya, menyayangi adik-adik tersebut layaknya adik sendiri. Hmm, sebagai seorang kakak, apa yang biasanya kau lakukan kepada adikmu? Bagaimana sikapmu kepada adikmu?

Aku sendiri sampai sekarang tidak memiliki adik kandung, padahal dulu aku sangat mengharapkannya. Sewaktu kecil, saat aku masih duduk di bangku taman kanak-kanak hingga sekolah dasar, aku sering meminta adik kepada mamaku. Hahaha... Aku mau dedek bayi, yang bisa jadi saluran kasih sayangku, yang bisa aku cubit-cubit, aku cium-cium, aku peluk-peluk, bisa aku ajarin, jadi teman bermainku, teman jalan-jalan, dan bisa aku suruh-suruh, haha.. Bahkan itu masuk ke dalam doaku dulu. Ya, doa seorang anak kecil yang merindukan kehadiran seorang adik. Aku ga terlalu suka jadi anak paling kecil. Tapi itu hanyalah cerita dulu. Sekarang siapa sangka aku dikasih adik-adik, bukan adik yang sedarah daging, bukan satu ayah dan ibu, tapi yang terpenting adalah aku bisa menganggap dan memperlakukan mereka seperti adik yang sedarah daging denganku. 

Mungkin saja aku tidak dikasih adik kandung karena aku ingin diberi tanggung jawab untuk menyayangi adik-adik lainnya. Mungkin kalau dulu aku dikasih adik, aku akan fokus menyayangi adikku itu saja, tidak membagikan kasih sayang kepada adik-adik lainnya. Entahlah, itu hanya kemungkinan-kemungkinan yang aku karang sendiri di dalam pikiranku, hehe... Bagiku tidak lagi penting untuk memiliki adik kandung sekarang ini, yang penting adalah berusaha menyayangi dengan tulus semua adik-adik yang ada padaku saat ini. Adik kelompok kecil, adik sepupu, adik yayasan, adik teman, dan adik-adik lainnya. Menyayangi mereka mengajarkan dan mempersiapkan aku juga untuk menjadi orang tua kelak :-)
Bersyukurlah untuk adik-adik yang ada padamu, dan jadilah kakak yang baik bagi mereka. Bagaimana dengan kakak-kakak? masa cuma adik-adik? yaa intinya berlakulah yang sama. hee...


Cheers,
:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar